KOREK SATRIA FU 150
Dari hasil pengamatanku beberapa bengkel top dalam melakukan up-grade terhadap FU selalu mengandalkan penggantian part dengan merek-merek terkenal yang jelas harganya mahal. Menurutku sihh semua orang juga bisa ngencengin FU klo duitnya banyak…..tinggal tebus part-part racing yang mahal trus dipasang… jadi deh FU kenceng! Cuman masalahnya bagaimana nasib adik-adik pelajar yang pengen FU-nya juga kenceng tapi uang saku terbatas…hehe..maksudnya belum tentu juga uang sakunya benar-benar terbatas, tapi mereka kan punya pos pengeluaran lainnya juga kaya misalnya biaya nraktir gebetan, biaya merias diri biar cepet laku..hehhe..biaya nyogok nyokapnya gebetan..dan lain-lain, yang intinya membuat pos pengeluaran buat si FU jadi terbatas..
Nah, buat adik-adik pelajar penggenjot FU…yang tua-tua juga boleh nyonto ding, berikut adalah tip up-grade yang (sebagian besar) dah dipraktekin langsung di motorku…yang jelas aku jamin dengan melakukan uipgrade seperti ini tidak akan membuat TTM kalian terlantar,,,piss…
- Langkah
pertama yg paling gampang, ganti Pilot jet dengan ukuran 17.5, bisa
pake punya shogun lama. Harga palingan 30rb. Klo mau lebih murah pake
merek Kitaco harnganya 17,5ribuan
- Lepas
paking kepala silinder, pake 1 lapis aja yang tengah, langkah ini
berarti naikin rasio kompresi dari standarnya 10,2 menjadi sekitar 11,4.
Langkah ini siy ke bengkel aja, misalnya sekalian pas servis besar. Klo
mau naikin kompresinya lebih tinggi lagi, paking blok bawah bisa
dilepas dan ga usah pake paking, cukup pake lem paking aja (yang atas
tetep pake 1 paking), trik ini dah dicoba mekanik jogja dan terbukti
piston gak tabrakan dengan klep ataupun ada kebocoran oli. Langkah lepas
paking blok bawah ini pengen aku cobain tapi blum sempet, ntar pas
servis besar lagi aja kayanya.
- Porting
lubang in & out. Lubang in dan out masing-masing di gedein
diameternya 1 mm Yang ini juga harus ke bengkel. Beberapa bengkel top
mematok harga 300rb hingga 500rb. Tapi bengkel2 balap rumahan palingan
100rb.
- Ganti
karbu (berarti langkah nomor 1 ga perlu), saran pake punya RX King
(karena murah, dan cocok dan bisa langsung pasang ke intake manifold dan
filter udara standar), spuyer bisa coba PJ 20 MJ 135, setelan udara 1,5
putaran berlawanan arah jarum jam (plis note tiap motor bisa beda2),
posisi klip jarum skep di ulir nomor 2 dari atas. Alternatif lain bisa
juga pake punya NSR SP yakni Keihin PE 28 harga barunya 600 rbuan yang
Thailand (Awas barang palsu china). Klo ganti karbu, sebaiknya juga
pasang keran bensin model kompresor buat gantiin aslinya yang model
vakum…biar aliran bensin lancar…
- Majuin gigi TOP 1 mata, ini berarti majuin waktu buka tutup katub masuk
dan buang. Kalo mau lebih advance lagi setingannya adalah klep masuknya
dimajuin 1 mata trus buangnya dimundurin 1 mata…istilah teknisnya buat
nyempitin LSA-nya (Lobe Separation Angle…buat optimalkan proses
pembilasan di putaran tinggi…hehehe…bingung, bingung deh….), hasilnya
juga mantap tapi kerenggangan klep harus dibikin lebih sempit (jadi in
0,07 mm dan out 0,1 mm) dari ukuran standarnya dengan cara mainin tebal
shim-nya. Yang ini sih jelas mending ke bengkel aja deh…trus bengkelnya
juga harus yang jago.
- Lepas
saringan udara (klo dah ganti karbu), yang dilepas hanya elemen
saringan udaranya aja…itu tuh yang ada ada kertas saringanya. Sedangkan
boknya masih terpasang dan tersambung ke karbu . Kalo masih tetap mau
andalkan karbu standar maka saringan satndar masih dapat
dipakai/dipasang tapi kertasnya di lubangi dibeberapa tempat, guntingin
aja, palingan 3 lubang ukuran 0,5 x 4 cm (panjang x tinggi). Bisa
dilakuin sendiri
- Potong
kabel koil 2 cm (ngurangin resistensi kabel sekitar 10%), Bisa
dilakuin sendiri. Ingat masang kabelnya lagi harus bener2 kuat, caranya
ditusukin dan diputar hingga ngedrat.
- Ganti
pake busi Iridium (saran yang agak murah pake merek Sindengen/SDG 30rb)
hasilnya lumayan. Klo mau tetep pake busi standar juga gapapa, cuman
atur lagi celahnya jadi 0,9 – 1 mm
- Oli pake yang khusus motor (merek apa aja yang penting asli), trus pake yang 10/40.
- Ganti knalpot free flow, saran yang murah dan cukup ampuh pake bikinan
Edi Sawangan (yang pelat pernis cuman 250 rb), atau AHAU 400rb….atau SKR
375rb…yang jelas tampilan jadi lebih sangar bin bengis karena bahan
knalpot dari pelat yang di pernis doing plus coklat-coklat kaya karatan
…jauh dari kesan klimis yang sering ditimbulkan bila pake knalpot
aluminium atau krom…hehehe…no offense ya buat yang pake knalpot mahal.
- Posisi
as roda pada penyetel kekencengan rantai diusahakan pada posisi sedepan
mungkin, klo perlu potong 2 mata rantainya. Keuntungannya, jarak poros
roda depan belakang makin pendek jadi motor lebih lincah
bermanuver..khasiat lainnya buat mengurangi bunyi-bunyian dirantai
karena rantai beradu dengan lengan ayun.
- Per
kopling di ganjel kurang lebih 1 mm, bisa pake potongan per kopling
(bisa pake punya motor apa aja asal diameter sama, harga palingan 15
ribuan), tapi mesti ditipisin pake gerinda dulu biar ga ketebelan.
Langkah ini sebaiknya dibengkel aja deh. Trus di ujung kabel kopling
yang di atas bak mesin, diujungnya dipakein per yang sering dipakai di
rem teromol (harga 5 ribuan) untuk ngedorong tuas pengungkit kopling
agar baliknya cepet. Hasilnya kopling jadi cepet baliknya dan motor
langsung loncat begitu kopling dilepas….yang jelas kedua langkah ini
bisa juga diganti dengan pasang per kopling racing (100 – 150 rb, tapi
awas, beberapa pemakai per kopling racing mengeluh motornya cuman enak 3
bulan, abis itu per jadi lembek dan kurang nendang lagi….per kopling
standar terutama yang CBU kayanya lebih durable dan dengan diganjel,
kekerasannya akan setara dengan per racing). Tapi perhitungkan efek
sampingnya yakni jari tangan kiri jadi pegel2 klo lewat jalan macet.
- Pulser
digeser 1 ampe 2 mili…yang ini aku ga tau kenapa bisa bikim motor makin
melesat, tapi aku praktekin hasilnya memang berasa kok. Suruh orang
bengkel aja yang mundurin.
- Nah klo semua langkah diatas…atau beberapa aja deh…udah dilakukan pasti performa motor dah melonjak. Tapi khusus untuk temen2 di Surabaya atau daerah yang ramai dalam artian trek lintasan pendek2 atau yang macet sehingga mengakibatkan ga bisa leluasa pol gas di gigi 5 ato 6…maka disarankan ganti gir depan pake yang 13 mata (standarnya 14 mata) bisa pake punya yamaha crypton ato F1ZR…beli aja yang buatan aspira atau indopart cumin 30 ribuan…hasilnya motor lebih narik lagi ampe gigi 6 sekalipun. Langkah ini tidak mengurangi Top Speed secara signifikan (lagian kan disaranin buat yang sering kena macet jadi ga pernah nge-top speed..hehe) malahan justru bikin motor lebih cepat menggapai top speed.
Langkah lanjutan adalah mengganti CDI, koil dan camshaft racing…paling ga untuk 3 item ini butuh 1,5 juta..tapi sangat setimpal bila dilakukan..hehe.. saran pake CDI XP Andrion HP 7 (400 ribu) dipadu ama koil andrion juga (170 ribu). Sebagai informasi, untuk teman2 di jawa timur lebih suka pake CDI Rextor. Untuk CDI BRT sebenarnya bagus juga, hanya saja menurut produsennya dan dari hasil test, BRT hanya cocok bila koil masih pake yang standar…klo koilnya racing malah kadang drop tenaganya atau CDI-nya cepet mati.
Bila CDI telah diganti racing maka sebaiknya per klep juga diganti yang lebih keras, bisa pake merek2 racing seperti WRD, CLD, TK, dll…atao bisa juga pake aslinya tapi diganjal 1 mm (ini lebih recommended karena kasusnya sama dengna per kopling, yang racing kadang jadi lembek lama-lama…
Untuk camshaft/noken as bisa pake WRD, CLD, Kawahara, Akutagawa (850 – 1 jutaan…ato NMF yang hampir 2jutaan)…ato apalah terserah…soalnya aku sendiri blum nyobain klo yang ini. Klo dah ganti chamshaft pake yang racing berarti langkah No. 5 tidak perlu dilakukan.
Semoga berguna bagi kawan-kawan
Porting Polish
Lepas packing, pake 1 aja yang tengah
Busi Sindengen Iridium
Karbu RX-King, PJ 20 MJ 150
PAIR dinon-aktifkan
Kabel koil potong 2 cm
Pulser dimundurin 2 mm
Per kopling di ganjal 1 mm
Semi open filter
Celah klep in 0,07 mm out 0,1 mm
Klep in maju 1 mata, out mundur 1 mata
Gear 13/43
Performa: gigi 4 120 kpj (mentok limiter)..gigi 5 135 kpj…gigi 6..150 dan sepertinya masih bisa nambah lagi karena power mesin masih terasa…
mau ngelajutin ngegas terus gak pakek rem !!! wer..wer..wewr hahaha
{ 0 comments... read them below or add one }
Post a Comment