Mobil Anak Muda

Posted by Unknown on Saturday 14 September 2013

Ini adalah mobil yang menurut saya cocok untuk anak muda atau lebih tepatnya mobil yang masih banyak di cari untuk anak muda zaman sekarang. Ada beberapa yang lebih memilin dari segi eksterior atau bagian luar bodi dari mobil tersebut, atau justru ada juga yang lebih menyukai dari segi interior dari mobil tersebut untuk kenyamanan dari berkendara. Dan yang lebih ekstrim lagi lebih memilih dari jenis atau tenaga dari mesin mobil tersebut untuk akselerasi berkendara. Modif juga menjadi suatu alasan anak muda sekarang untuk tetap memperlihatkan kepada semua orang biar tetep gaya dengan mobil yang garang. haha
Ada beberapa mobil yang menurut saya menjadi favorit dari kriteria mobil yang tertera di atas :

  1. Honda Jazz

Honda Jazz adalah mobil hatchback 5 pintu produksi pabrikan otomotif Jepang Honda Motor Company. Mulai diperkenalkan pada tahun 2001 dan sekarang memasuki generasi keduanya. Nama Honda Jazz digunakan di Eropa, sebagian Asia, Australia, Oceania, Timur Tengah, dan Afrika. Di Jepang, China, dan Amerika, mobil ini dinamai Honda Fit. Sampai tahun 2007, telah terjual 2 juta unit Honda Jazz di seluruh dunia.
Honda Jazz dijual dalam 6 variasi (semuanya mesin 4 silinder segaris), antara lain:
  • GD1: 1.3 L L13A i-DSI 2WD (Eropa: 1.4L)
  • GD2: 1.3 L L13A i-DSI 4WD (hanya Jepang)
  • GD3: 1.5 L L15A 2WD
  • GD4: 1.5 L L15A VTEC 2WD (hanya Kanada, AS,Meksiko dan indonesia)
  • GD5: 1.5 L L15A 4WD (hanya Jepang)
  • GD6: 1.2 L L12A i-DSI 2WD (hanya Eropa)
  • GE3: 1.3 L L13A i-DSI 2WD (dibuat di China)
Dari segi mesin tergantung dari wilayahnya, mesin Honda Jazz terbagi menjadi 1.2L, 1.3L (di Eropa menjadi 1.4L), 1.5L i-DSI (Intelligent Dual & Sequential Ignition) atau 1.5L VTEC (Variable Valve Timing & Lift Electronic Control). Semua mesin Honda Jazz sudak menggunakan injeksi. Mesin i-DSI mempunyai konfigurasi 8 valve, menggunakan 2 busi per silinder sehingga pembakaran lebih sempurna, akibatnya mesin lebih irit dan emisi berkurang. Mesin VTEC mempunyai konfigurasi 16 valve sehingga tenaga yang dikeluarkan maksimal di putaran mesin tinggi. Dengan transmisi Honda Jazz menggunakan manual 5 speed, otomatis 5 speed, dan CVT (Continuously Variable Transmission) sesuai dengan area. Transmisi CVT tidak tersedia di Amerika Serikat. Transmisi CVT-7 dikontrol menggunakan paddle shift yang diletakkan di belakang kemudi.Varian Honda Jazz tertinggi, VTEC ABS/ SRS dilengkapi rem dengan fitur ABS (Anti-Lock Braking System), EBD (Electronic Brake Force Distribution) dan BA(Brake Assist). Perlengkapan keamanan lainnya adalah 2 kantong udara untuk pengemudi dan penumpang depan.

2. Toyota Yaris

Toyota Yaris atau Toyota Vitz adalah mobil hatchback kecil yang diproduksi oleh Toyota Motor Corporation. Yaris lahir pertama kali pada tahun 1999 di Eropa dengan desain, performa mesin, dan jaminan keselamatan serta konsumsi bahan bakar yang optimal, untuk memasuki pangsa pasar Eropa. Satu tahun setelah awal peluncurannya, tepatnya pada tahun 2000 Yaris memperoleh penghargaan European Car of The Year Award. Bukan hanya itu saja Yaris juga diakui sebagai standar model kendaraan Compact two box di Jepang dan Amerika Utara. Untuk pasar Asia, Yaris dirakit di Thailand, sedangkan untuk pasar Eropa, Yaris dibuat di Perancis.
Yaris dipasarkan secara resmi di Indonesia dalam bentuk impor utuh (CBU) dari Thailand mulai tahun 2006 dengan model E dengan transmisi manual dan automatic, serta S and S Limited yang hanya tersedia dengan transmisi automatic. Versi S memiliki body kit and lampu kabut, dan Push button start / stop hanya untuk model S Limited. Semua model menggunakan mesin 1500 cc 1NZ-FE dengan VVT-i yang sama digunakan oleh Toyota Vios.
Versi facelift pertama dengan bumper depan, gril, dan lampu belakang baru tanpa LED hadir untuk model tahun 2009. Sebagai tambahan, model dasar yaitu J yang tidak memiliki SRS airbag dipasarkan dengan harga dibawah model E. Model S dengan transmisi manual menggantikan versi lama yang otomatis, sedangkan model paling mahal tetap S Limited. Model TRD Sportivo muncul berbasis model J, dengan tambahan body kit dan suspensi sport serta tersedia hanya dalam tranmisi manual.
Versi facelift kedua tahun 2011 hadir dengan ubahan minor pada bumper depan dan lampu kabut, bumper dan lampu belakang yang mirip Vitz Jepang. Ubahan ini dirancang oleh desainer Toyota Astra Motor Indonesia berbasis Vitz TRD Jepang dan merupakan desain untuk pasar Asia selain Jepang. Versi TRD Sportivo tetap tersedia namun kali ini berbasis model S dengan tambahan hanya body kit dan asesoris lainnya tanpa suspensi sport. Ini merupakan facelift terakhir sebelum pergantian model secara total.
Dari segi mesin :
  • 1.0 L 1KR-FE I3 (bensin)
  • 1.3 L 2NZ-FE I4 (bensin)
  • 1.3 L 2SZ-FE I4 (bensin)
  • 1.3 L 1NR-FE I4 (bensin)
  • 1.4 L 1ND-TV I4 (t/c diesel)
  •  1.5 L 1NZ-FE I4 (gasoline)
  •  1.6 L 4ZR-FE I4 (bensin)
  •  1.8 L 2ZR-FE I4 (bensin).
3. Mitsubishi Lancer Evolution

Lancer Evolution I (1992-1994).
Tahun 1992 menjadi awal kelahiran generasi pertama Lancer Evo yang kemudian langsung mengikuti ajang World Rally Championship. Pada generasi awal, Lancer Evo menggunakan mesin the 2.0 L turbocharged DOHC dengan sistem penggerak 4WD yang dicomot dari Galant VR-4. Mesin yang dikawinkan dengan transmisi 5 percepatan tersebut mampu membawa Lancer Evo untuk berlari hingga 228 km per jam. Namun di model awal ini, Lancer Evo yang dilepas dengan dua model yakni GSR dan RS memiliki umur pendek yakni hanya diproduksi antara Oktober 1992 sampai Januari 1994 saja.
Lancer Evolution II (1994 – 1995).
Di akhir tahun 1993 Mitsubishi sudah mulai menyiapkan pengganti dari Lancer Evolution I yakni Lancer Evolution II. Mobil ini merupakan penyempurnaan dari generasi pertama dan diproduksi dari Januari 1994 sampai bulan Agustus tahun 1995. Namun meski sama-sama memakai mesin Mitsubishi berkode 4G63, tenaga yang dihasilkan oleh Lancer Evolution II sedikit diatas generasi pertama. Sebab bila Lancer Evolution I hanya mampu memproduksi tenaga sebesar 244 hp, pada generasi kedua, Lancer Evo mampu memciptakan tenaga sebesar 252 hp dari mesin yang sama. Selain itu, platform yang digunakan pun berbeda. Bila di generasi pertama masih menggunakan platform dengan kode CD9A, di generasi kedua Mitsubishi mengggunakan kode platform CE9A.
Lancer Evolution III (1995 – 1996).
Di bulan Agustus 1995, Lancer Evo generasi ketiga lagir dengan tampilan yang lebih agresif dan new nose moulding yang menyuplai udara ke radiator, intercooler dan rem. Selain itu tampang generasi baru ini juga makin diperbaharui dengan hadirnya New side skirts dan rear bumper moldings serta rear spoiler yang lebih besar. Di bagian dapur pacu, mobil yang masih menggunakan platform yang sama dengan generasi dua (CE9A) ini hadir dengan rasio kompresi yang lebih besar dan turbocharger baru. Karena itulah tidak heran bila tenaga sebesar 270 bhp mampu dikail di putaran mesin 6.250 rpm dan torsi puncak sebesar 309 Nm bisa didapat di 3000 rpm. Umur generasi ketiga Lancer Evo ini berakhir di bulan Agustus 1996 atau tepat 1 tahun sejak kelahirannya.
Lancer Evolution IV (1996 – 1998).
Di Agustus 1996, Mitsubishi kembali menghadirkan generasi baru Lancer Evo yang diberi julukan Lancer Evolution IV. Mobil ini menggunakan platform baru berkode CN9A. Tampilan generasi penerus keluarga Evo ini pun tampak lebih gahar dari generasi sebelumnya. Tenaga yang mampu dihasilkan oleh generasi keempat yang hidup antara Agustus 1996 sampai Januari 1998 ini pun makin tinggi yakni mencapai 276 hp di 6.500 rpm dan torsi 330 Nm di 4.000 rpm
Lancer Evolution V (1998 – 1999).
Di generasi kelima, banyak aspek yang berubah dari Lancer Evolution seiring makin populernya model ini di kalangan pecinta motorsport dunia. Di bagian dalam, Mitsubishi meng-upgrade interior tipe GSR dengan jok sporty Recaro yang lebih asyik. Di generasi baru ini pula turbocharger ini kembali disempurnakan. Penyempurnaan ini menghasilkan torsi yang lebih besar. Torsi Lancer Evolution V pun jadi 373 Nm di 3.000 rpm meski tenaga tetap sama seperti generasi sebelumnya.
Lancer Evolution VI (1999 – 2001)
Popularitas Lancer Evolution makin hari makin berkibar, di saat itulah generasi keenam Lancer Evo lahir antara Januari 1999 sampai 2001 dengan menggunakan platform CP9A. Pada Lancer Evolution VI, aerodinamika makin menjadi perhatian Mitsubishi disamping pendingin mesin dan ketahanannya. Lancer Evolution VI edisi Ralliart di Inggris bisa mencapai kekuatan 330 hp. Di tahun 1999, lahir pula Evolution VI edisi spesial yakni Tommi Makinen Edition yang diciptakan sesaat setelah pembalap Tommi Makinen memenangkan kejuaraan reli dunia dengan mobil tangguh ini.
Lancer Evolution VII (2001- 2003).
Generasi ketujuh Lancer Evo ini lahir dan hidup antara bulan Maret 2001 sampai Januari 2003. Seluruh bagian mobil ini berubah dari generasi sebelumnya. Bahkan di generasi ini pula Mitsubishi mulai memperkenalkan Evolution dengan transmisi otomatis.
Lancer Evolution VIII ( 2003 – 2005).
Sedan sporty milik perusahaan Jepang ini pada tahun 2003 kembali mendapat penyempurnaan. Mobil ini mengusung model GSR dan RS dengan atap baja dan transmisi 5 percepatan. Selain itu ada pula Lancer Evoluiton MR yang memiliki kemampuan lebih baik dengan aplikasi atap aluminium agar bobot berkurang. Lancer Evolution VIII ini juga merupakan Evolution pertama yang dijual di Amerika Serikat yang dipicu oleh keberhasilan Subaru Impreza WRX yang telah dirilis sebelumnya. Ada tambahan transmisi enam percepatan di generasi ini.
Lancer Evolution IX (2005 – 2007)
Mitsubishi memperkenalkan Lancer Evolution IX di Jepang pada 3 Maret 2005 dan memamerkan mobil ini di ajang Geneva Motor Show di hari yang sama untuk dilihat masyarakat Eropa.Mobil ini menggunakan mesin 2.0 liter berkode 4G63 dengan teknologi MIVEC (variable valve timing) dan sudah menggunakan turbocharger terbaru yang pada akhirnya membuat kekuatan mobil ini menjadi cukup kuat. Beragam versi diciptakan Mitsubishi pada generasi ini dengan tenaga yang juga bervariasi antara 276 hp sampai 287 hp.
Lancer Evolution X (2007 – sekarang).
Di tahun 2005 Mitsubishi memperkenalkan sebuah konsep baru baru Lancer Evolution di ajang Tokyo Motor Show. Mobil konsep ini diberi nama Concept-X yang di desain oleh Omer Halilhodzic perusahaan desain di Eropa. Lalu Mitsubishi kembali memperlihatkan konsep kedua yang diberi nama Prototype-X di North American International Auto Show (NAIAS) pada tahun 2007. Di generasi kesepuluh ini Lancer Evolution X mengusung mesin baru 4B11T 2.0L turbocharged, all-aluminium inline-4 engine. Tenaga mobil ini sangat bervariasi tergantung pasar yang dituju, tapi tenaga minimal untuk Lancer Evolution X ini adalah 280 hp. Di Inggris generasi ini bahkan bertenaga antara 300 hp sampai 360 hp.
Di Amerika Serikat mobil ini ditawarkan dalam dua versi yakni Lancer Evolution MR dengan 6-speed Twin Clutch Sportronic Shift Transmission (TC-SST) dan GSR yang memiliki sistem transmisi manual 5-speed. Mobil ini juga sudah mengusung sistem four wheel drive terbaru bernama S-AWC (Super All Control Wheel), versi lanjutan dari sistem AWC Mitsubishi digunakan dalam generasi sebelumnya.
Lancer Evolution XI
Generasi terbaru Lancer Evo ini sudah lama dibicarakan namun tidak juga kunjung hadir. Malah sebelum melihat dunia, nasib mobil ini terkatung-katung setelah Gayu Eusegi yang merupakan Direktur Produk Mitsubishi mengatakan akan menghentikan produksi Lancer Evolution. Sebelumnya ramai diberitakan kalau ruang bakar di Lancer Evolution terbaru tidak akan lagi dipersenjatai dengan bahan bakar bensin, tapi akan beralih pada mesin diesel hybrid yang dirancang agar mobil ini lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Namun meski lebih ramah lingkungan, tenaga mobil ini tetap tidak akan ramah. Karena gabungan mesin diesel dan motor listrik pada Lancer Evolution terbaru nantinya bisa mencatatkan akselerasi 0-100 km per jam dengan waktu di bawah 5 detik.Teknologi lain yang akan disematkan diadopsi dari generasi Evolution sebelumnya yakni four-wheel-drive S-AWC serta integrated steering, sistem pengereman dan traksi kontrol.

4. Mitsubishi Pajero Sport Dakar

Kelebihan Mitsubishi Pajero Sport
Pajero Sport dibekali mesin turbo diesel 2,5 liter berteknologi common rail. Tenaganya 176 hp pada 4.500 rpm dan torsinya 314 Nm pada 2.000 rpm. Mitsubishi menjodohkan mesin itu dengan transmisi otomatis 4-speed berteknologi INVECS-II yang dilengkapi sports mode. Terdapat pula pilihan transmisi manual 5-speed. Khusus transmisi Pajero Sport 4x4 Exceed, dilengkapi sistem Super Select 4WD (SS4). Dengan adanya SS4, perpindahan dari 2WD ke 4WD dapat dilakukan sambil berjalan dengan kecepatan tidak lebih dari 100 kpj.
Meskipun memiliki postur body yang cukup besar, namun Pajero Sport dari Mitsubishi ini berbeda dari mobil jenis SUV lainnya. Biasanya, Mobil SUV Memiliki kelemahan dalam hal kecepatan. Hal ini karena tenaga yang Dimilikinya kurang responsif ditambah dengan beban dari body mobil itu. Beberapa kelebihan dari Pajero Sport dibandingkan mobil SUV lainnya :
- Sebagaimana produk Mitsubishi lainnya, Pajero Sport dirancang
Sebagai mobil yang mengutamakan responsi tinggi. Sehingga mobil ini Tidak mengalami masalah baik untuk melaju di jalan aspal yang mulus maupun untuk menjelajah daerah yang cukup terjal.
- Suspensi Pajero Sport cukup berkualitas. Sehingga tidak perlu Dilakukan setting ulang saat melaju di berbagai medan. Hal ini bermanfaat Dalam proses percapaian kestabilan saat mobil melaju.
- Bentuk mobil yang aerodinamis, menjadikannya mampu Meminimalisir hambatan angin. Hal ini berdampak pada konsumsi bahan bakar yang bisa ditekan, karena jumlah beban yang harus ditempuh berkurang. Bentuk body yang lebar dan besar, menjadikan ruang kabin menjadil ebih longgar. Hal ini menyebabkan penumpang tidak cepat merasa lelah, khususnya pada saat Menempuh perjalanan jauh.
Dakar dari mitsubishi merupakan mobil SUV yang konsepnya mengandalkan kemampuan mesin dari pada kenyamanan/ daya muat/ kecepatan mobil. Pecinta Sport atau adventure akan sangat senang dengan dikeluarkannya Mobil SUV terbaru dari Mitsubishi yakni Pajero Sport 4x4 Dakar yang mana mobil ini penyempurnaan dari pajero sport tahun 2011dimana tahun 2011 mobil ini masih menggunakan penggerak 2 roda, hal ini tentunya kurang lengkap bagi para pecinta off-road karena terlalu lemah dalam menaklukkan medan yang berlumpur atau menanjak dan berbatu akan tetapi sekarang sudah 4wd.

Pajero Sport Dakar 2012 dikeluarkan dalam 2 tipe yakni 4x2 dan 4x4 atau 4wd dengan keduanya sama-sama memiliki 5 kecepatan, tipe 4x2 berpenggerak roda belakang saja, sedangkan 4x4 memiliki penggerak 4 roda. Pajero Sport Dakarhanya tersedia dengan transmisi otomatis (automatic/ matic).

Itulah sebagian dari banyak mobil yang menjadi favorit anak muda sekarang. sebenarnya masih banyak lagi varian yang menjadi pilihan dari anak muda terutama pada mobil jenis sedan dan hatchback. Berhubung terlalu banyak jenis mobil hanya beberapa mobil itu saja yang saya tampilkan pada halaman ini yang banyak menjadi incaran. sekian terima kasih ^-^ .





{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment