Mitsubishi Pajero Sport 2014

Posted by Unknown on Monday 16 September 2013

Mitsubishi Challenger atau Pajero Sport 2014 merangsek pasar Australia. New Mitsubishi Pajero Sport mendapat revisi kecil atau minor change - Pajero Sport menampilkan grille yang mirip Outlander, bumper depan serta lampu ekor baru, guna mempertegas kesan sporty yang ditonjolkan oleh wheel arch besar, roof rail hitam, side step, dan roda alloy. Ada tujuh pilihan warna eksterior: Titanium, Cool Silver, Ironbark, Terra Rossa, Dark Blue, White dan Black.
Mitsubishi merevisi kabin dengan jok hitam berbahan fabric, aksen karbon, dan center stack untuk menampung layar-sentuh yang berisi system audio dan hiburan. Layar-sentuh baru tersebut menyajikan tampilan dari kamera-pandangan belakang yang telah direvisi.
Challenger dibekali dengan lumbung performa 2.5-litre common rail, direct injection turbodiesel yang melepaskan tenaga 176 pada 4000 rpm. Dengan variable geometry turbocharger, mesin menghasilkan torsi tinggi pada putaran mesin rendah, 400 Nm pada 2000 rpm.
Konsumsi BBM versi manual 12,05 km/liter. Untuk Challenger bertransmisi otomatis 10,21 km/liter.
Mitsubishi mencangkokkan system MATT (Mitsubishi All Terrain Technology) yang menggabungkan lockable centre dan differential belakang serta Super Select 4WD untuk traksi dan stabilitas maksimal di berbagai kondisi jalan. MATT telah terbukti di dunia reli.
Super Select 4WD menawarkan 4 mode operasi: rear-wheel drive (2H), full-time 4WD (4H), high range 4WD dengan locked centre differential (4HLC), serta low range 4WD dengan locked centre differential (4LLC). Shifts-on-fly dari 2H ke 4H bisa dilakukan meski mobil meluncur pada kecepatan hingga 100 km/jam.
Challenger dibekali 6 airbag, Multi-mode Anti-lock Braking System (ABS), Active Stability Control (ASC), Active Traction Control (ATC), sabuk jok 3-titik di semua posisi duduk. Harga New Mitsubishi Challenger 2014 dari AUS$ 42.490 atau sekitar Rp 387 juta.
Pajero Sport memiliki beberapa nama di dunia: Challenger, Nativa, Montero Sport. Kebetulan Mitsubishi Motors Indonesia memilih nama Pajero Sport.
More aboutMitsubishi Pajero Sport 2014

Oli Shell Helix

Posted by Unknown on Sunday 15 September 2013

Oli Shell Helix merupakan pelumas yang digunakan untuk kendaraan roda 4 atau mobil. Jenis shell Helix yang terdapat di pasaran ada berbagai macam yaiu yang bisa digunakan untuk kendaraan berbahan bakan bensin(mesin bensin) dan berbahan bakar solar (diesel).
Produk Shell Helix sendiri berasal dari manca negara. Untuk SAE Viscostity Grade yang di tawarkan terdiri dari :
  • SAE 5W-30
  • SAE 5W-40
  • SAE 10W-40
  • SAE 10W-60
  • SAE 15W-40
  • SAE 15W-50
  • SAE 20W-50
  • SAE 25W-60
Tinggal dicookan dengan kebutuhan anda saja, dari SAE Viscostity Grade yang ditawarkan di atas. dan jangan lupa diperhatikan fitur lain atau performance yang di tulis dalam produk tersebut, apakan cocok atau tidak untuk kendaraan anda dan jangan sampai salah memilih oli yang nantinya kendaraan anda sampai bermasalah.

Daftar Harga Oli Shell
Shell Helix Diesel HX-7 10W-40 CF (1 liter) – (Oli mesin diesel berbahan bakar solar dengan SAE 10W-40) – Harga: Rp.62.000,-
Shell Helix Diesel HX-7 10W-40 CF (5 liter) – (Oli mesin diesel berbahan bakar solar dengan SAE 10W-40) – Harga: Rp.307.000,-
Shell Helix HX-3 20W-50 SJ/CF (1 liter) – (Oli mesin mobil motor berbahan bakar bensin dengan SAE 20W-50) – Harga: Rp.29.000,-
Shell Helix HX-3 20W-50 SJ/CF (4 liter) – (Oli mesin mobil motor berbahan bakar bensin dengan SAE 20W-50) – Harga: Rp.114.000,-
Shell Helix HX-5 15W-50 SL/CF (1 liter) – (Oli mesin mobil motor berbahan bakar bensin dengan SAE 15W-50) – Harga: Rp.45.000,-
Shell Helix HX-5 15W-50 SL/CF (4 liter) – (Oli mesin mobil motor berbahan bakar bensin dengan SAE 15W-50) – Harga: Rp.178.000,-
Shell Helix HX-5 Diesel 15W-40 CF (1 liter) – (Oli mesin diesel berbahan bakar solar dengan SAE 15W-40) – Harga: Rp.42.000,-
Shell Helix HX-5 Diesel 15W-40 CF (5 liter) – (Oli mesin diesel berbahan bakar solar dengan SAE 15W-40) – Harga: Rp.205.000,-
Shell Helix HX-7 10W-40 SM/CF(1 liter) – (Oli mesin mobil motor berbahan bakar bensin dengan SAE 10W-40) – Harga: Rp.65.000,-
Shell Helix HX-7 10W-40 SM/CF (4 liter) – (Oli mesin mobil motor berbahan bakar bensin dengan SAE 10W-40) – Harga: Rp.255.000,-
Shell Helix Ultra Fully Synthetic 5W-40 SM/CF (1 liter) – (Oli mesin mobil motor berbahan bakar bensin dengan SAE 5W-40) – Harga: Rp.158.000,-
Shell Helix Ultra Fully Synthetic 5W-40 SM/CF (4 liter) – (Oli mesin mobil motor berbahan bakar bensin dengan SAE 5W-40) – Harga: Rp.625.000,-
Shell Rimula R3X Diesel 15W-40 CH-4 (1 liter) – (Oli mesin diesel berbahan bakar solar dengan SAE 15W-40) – Harga: Rp.40.000,-
Shell Rimula R3X Diesel 15W-40 CH-4 (5 liter) – (Oli mesin diesel berbahan bakar solar dengan SAE 15W-40) – Harga: Rp.195.000,-
Shell Helix Ultra Racing 10W-60 SL/CF (4 liter) – (Oli mesin mobil motor berbahan bakar bensin dengan SAE 10W-60) – Fully Synthetic – Harga: Rp.964.000,-
More aboutOli Shell Helix

Toyota Fortuner

Posted by Unknown

Toyota Fortuner



Toyota Fortuner adalah mobil SUV dari produsen mobil terkenal Toyota yang telah dipasarkan sejak tahun 2005 di Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya. Pada awalnya mobil ini dirakit di Thailand dan diimpor utuh (Completely Built Up) oleh Toyota Astra Motor (TAM). Mobil ini dibuat berdasarkan platform IMV yang terdiri dari Toyota HiLux atau disebut juga dengan Toyota HiLux Vigo di Thailand, dan Toyota Kijang Innova di Indonesia. Pada awal tahun 2007, Toyota Fortuner sudah mulai dirakit dalam bentuk terurai (Completely Knock-Down) di Indonesia dan terhitung sejak tahun 2010 menyusul ditutupnya salah satu pabrik perakitan Toyota di Bangkok maka proses perakitan Fortuner versi mesin bensin dialihkan ke Toyota Indonesia. Di Amerika Selatan, Fortuner dijual dengan nama Hilux SW4.
Toyota Fortuner diproduksi di indonesia dalam berbagai macam varian sebagai berikut: G M/T dan A/T, G Lux A/T dan V A/T. Variasi terendah dan termurah diawali dengan G M/T menggunakan mesin 2.500 cc D-4D, transmisi manual dan penggerak 4x2. Diikuti dengan G A/T bermesin 2.700 cc berkode 2TR-FE 2.7l VVT-i 4x2 bertransmisi otomatis. Selanjutnya G Lux A/T memiliki spesifikasi sama dengan G A/T dengan perbedaan pada jok kulit dan 6 in-dash cd changer. Varian paling atas dan mewah adalah V A/T yang memiliki semua peranti G Lux dan satu-satunya model yang berpenggerak 4x4. Warna-warna eksteriornya di antaranya Super White, Silver Metallic, Greyish Brown Metallic, Dark Grey Mica, Black Mica dan Blue Metallic. Secara tidak resmi, ditawarkan juga dalam bentuk impor utuh (CBU) dari Thailand untuk pasar luar pulau Jawa seperti Kalimantan dan Sulawesi, tipe V dengan mesin 3.0 diesel.
Toyota Fortuner diperkenalkan di Indonesia pertama kali tahun 2005 pada event Jakarta International Motor Show dan diposisikan di bawah Toyota Land Cruiser.
Pada bulan Agustus 2007 mulai dipasarkan di Indonesia Toyota Fortuner yang berbasis mesin diesel dengan kode mesin 2KD-FTV 2.5 Liter D-4D atau Direct Four Stroke Turbo Commonrail Injection. Menggunakan teknologi baru sistem Common Rail, mesin diesel ini identik dengan mesin Toyota Kijang Innova versi diesel. Pada awalnya varian diesel ini hanya diproduksi dalam bentuk manual, tetapi pada tahun 2009 telah diluncurkan diesel bertransmisi otomatis. Untuk semua mesin diesel, termasuk yang digunakan Kijang Innova, diimpor dari Thailand sebagai pusat pengembangan mesin diesel Toyota di Asia Tenggara. Sedangkan untuk semua mesin bensin dikembangkan di Indonesia sebagai pusat pengembangan mesin bensin Toyota untuk Asia Tenggara.
Banyak kelebihan dari mobil ini yang disukai masyarakat Indonesia. Di samping dapat memuat tujuh orang dewasa secara leluasa, mobil ini juga mempunyai perawakan yang cukup tinggi sehingga bisa menembus genangan air yang cukup dalam. Toyota Fortuner bisa dibilang sebagai salah satu produk Toyota yang berhasil di mata konsumen Indonesia, meskipun karena tingginya menyebabkan ketidakstabilan saat dipacu kencang karena bentuknya yang kurang aerodinamis
Fortuner versi facelift ditampilkan pada event Indonesia International Motor Show tahun 2008. Model ini memiliki lampu depan baru model proyektor, gril model baru, lampu belakang desain baru, serta velg alloy baru. Desain gril dan lampu depan senada dengan desain Toyota Land Cruiser seri 200. Interiornya juga mendapat warna baru, panel kayu dan AC untuk tempat duduk baris kedua dan ketiga. Fortuner 2.5 G juga tersedia dengan TRD Sportivo body kit, yang juga merupakan aksesori tambahan yang bisa dipasang pada Fortuner 2.7 G.
Fortuner kembali mendapat facelift pada tahun 2011 yang ditandai dengan perubahan lebih besar pada bagian depan, belakang, serta interior. Bagian depan memiliki banyak perubahan desain pada gril, lampu depan dan bumper. Desain gril sekarang memiliki 3 garis utama horisontal, lampu depan model proyektor memiliki desain baru, rumah lampu kabut depan didesain ulang bersama bumper depan yang sekarang dilengkapi scuff plate yang membuatnya lebih datar ketimbang model sebelumnya. Bumper bagian belakang didesain ulang bersama dengan cluster lampu belakang. Lampu belakang sekarang bening berbentuk membundar dan terintegrasi. Interior terutama konsol tengah dan setir berubah sedikit ketimbang versi terdahulu yang sangat mirip Kijang Innova.
Tahun 2012, mesin diesel 2.5l commonrail turbodiesel tipe 2KD-FTV ditambahkan Variable Nozzle Turbocharger sehingga makin bertenaga.
Menyempurnakan dua versi sebelumnya, New Toyota Fortuner juga memperkenalkan Toyota Fortuner TRD Sportivo Ver.3 sebagai simbol maskulinitas urban SUV. Pada 2013 ini, New Fortuner muncul dengan wajah baru dengan desain baru yang stylish pada varian TRD Sportivo. New Fortuner TRD Sportivo ver.3 nampak lebih segar dengan Radiator Grille, Daytime Running Lights (DRL), New TRD Sportivo Alloy Rims dan New TRD Sportivo Bumper pada sisi depan dan belakang.
Pada interiornya, pembaruan tidak hanya terlihat pada performa pendukung. Tapi juga pada teknologi dan fungsionalitas pada kendaraan penumpang. Untuk tipe bensin, suasana interior dibuat elegan dan eksklusif dengan kehadiran alas duduk berbahan kulit dengan warna hitam Tak hanya itu, tim desain Toyota juga menghadirkan detailing berupa pola jahitan silver stitch. New Toyota Fortuner memiliki sistem entertainment baru. Tablet look head unit semakin menunjang sisi stylish urban SUV ini. Selain itu, tersedia roof monitor bagi penumpang belakang. Fitur ini merupakan yang pertama di kelasnya.
More aboutToyota Fortuner

Pemakaian Oli pada Mesin

Posted by Unknown


Oli mesin adalah cairan/ fluida di dalam mesin yang berfungsi untuk melindungi mesin saat bekerja, mendukung performa mesin dan menghindari kerusakan mesin saat mesin dijalankan. Oli mesin dewasa ini digolongkan menjadi 3 dilihat dari bahan pembuat dan proses pembuatan yakni oli mineral, oli semi sintetis dan oli sintetis penjelasan ke tiga jenis oli ini dapat dilihat pada artikel memilih oli motor.

Fungsi Oli pada mesin Mobil / Motor

  • Oli berfungsi sebagai pelumas mesin (lubricating), oli sebagai pelumas akan bekerja untuk meminimalisasi gesekan-gesekan antar logam (komponen mesin) sehingga gerakan mesin menjadi halus / sedikit hambatan, oli juga akan mencegah gesekan yang terlalu kasar antar komponen mesin yang bisa merusak bagian-bagian mesin. 
  • Fungsi Oli sebagai pelindung mesin, oli tidak hanya melindungi mesin dari gesekan antar komponen dalam mesin akan tetapi juga melindungi mesin dari korosi (karat), fungsi oli di sini mencegah reaksi oksidasi pada komponen-komponen mesin dan menghilangkan reaksi kimiawi logam dengan panas saat pembakaran yang bisa menyebabkan korosi komponen.
  • Fungsi oli sebagai pembersih, kotoran dapat masuk melalui sela-sela ring dan terjadi sisa pembakaran mesin yang menghasilkan kerak, kerak atau kotoran tersebut akan dilarutkan oleh oli (pelarut kotoran) atau bercampur dengan oli yang selanjutnya akan dibuang bersama oli saat pergantian oli mesin.
  • Fungsi oli sebagai pendingin mesin, panas yang terjadi akibat pembakaran pada ruang bakar akan merambat ke dalam mesin, selain itu panas akibat gesekan antar komponen dalam mesin juga menambah suhu di dalam mesin. Oli sebagai pendingin akan mengalir pada permukaan komponen-komponen dalam mesin untuk selanjutnya membawa panas tersebut ke penampungan oli untuk selanjutnya panas akan dibuang bersama udara yang mengaliri tempat penampungan oli. Sebagai pendingin oli sangat berperan besar dalam menjaga komponen mobil dalam performa yang baik, panas yang terlalu tinggi (over heat) akan merusak komponen-komponen dalam mesin yang secara kimiawi dapat merusak ikatan logam dan secara fisikawi dapat menyebabkan pemuaian pada komponen mesin.
Kekentalan / Viskositas Oli Kekentalan oli berkaitan dengan kemampuan bekerja oli pada suhu yang ekstrim, oli yang baik adalah oli yang mempunyai kekentalan stabil/ memiliki daya tahan terhadap suhu rendah (dingin) dan suhu tinggi (panas), kemampuan ini akan sangat mendukung ke 4 fungsi oli di atas. Tingkat daya tahan oli terhadap suhu ini dinyatakan dalam Society of Automotive Engineers (SAE), misalnya pada kemasan tertulis SAE 5W-40 ini berarti tanda 5W (Winter) bahwa pada suhu rendah (dingin) oli akan tetap memiliki kekentalan 5 dan pada suhu tinggi (panas) oli akan berada pada tingkat kekentalan 40, begitu pula dengan kode 15W-50 maka pada suhu terendah oli akan memiliki derajat kekentalan sebesar 15 dan pada suhu tertinggi oli memiliki tingkat kekentalan 50. Semakin kecil jarak kekentalan oli maka semakin baik kualitas oli tersebut misalnya SAE 5W-30 akan lebih baik dari kode SAE 5W-40.

Semakin rendah suhu udara di luar (tempat yang dingin) maka dibutuhkan oli yang lebih encer atau dengan kode 5W, seperti negara dingin perancis biasanya memakai oli dengan kode 5W. Semakin panas cuaca/ suhu udara di luar maka dibutuhkan oli dengan tingkat kekentalan yang lebih tinggi, seperti Indonesia akan lebih baik untuk menggunakan kode SAE 15W-30. Pemakaian kekentalan yang tidak sesuai dengan suhu suatu negara akan menyebabkan oli tidak bisa bekerja, misalnya Indonesia menggunakan kode SAE 5W-40 maka oli akan sangat encer sehingga tidak mampu melakukan tugas lumbrikasi dengan baik, begitu pula sebaliknya jika pada negara dengan cuaca ekstrim dingin menggunakan kode SAE 15W maka oli akan sangat kental pada saat udara dingin sehingga oli tidak dapat mengalir pada ruang-ruang antar komponen mesin).
Kode SAE yang cocok digunakan untuk beberapa negara dengan iklim yang berbeda:
SAE 5W-30 : digunakan untuk negara beriklim dingin seperti Perancis
SAE 10W-35 : digunakan untuk negara beriklim sedang seperti Australia
SAE 15W-30 sampai SAE 15W-50 : digunakan untuk negara dengan iklim panas seperti Indonesia.
 
API Standart Kualitas Oli

"American Petroleum Institute" atau disingkat API merupakan kode standart untuk menentukan karakteristik tertentu (kualitas) oli, kode API terdiri dari dua alfabet (huruf) yang terletak dibelakang kode "API" misalnya "API SG" atau "API CH". Pada kode huruf pertama menandakan penggunaan oli pada mesin bensin atau mesin diesel, pada mesin bensin menggunakan kode "S" misalnya API SL sedangkan pada mesin diesel menggunakan kode "C" contohnya API CG.
Pada kode huruf ke 2 menandakan karakter/ kualitas terbaru dari Oli, misalnya API SJ merupakan jenis oli lebih baru (biasanya lebih baik) dari API SG. Semakin baru Oli maka kode huruf ke dua semakin jauh dari huruf A atau mendekati huruf Z, pada mobil-mobil terbaru mesin bensin keluaran tahun 2010 akan memakai Oli dengan kualitas API SN dan tidak bisa di isi dengan oli dengan kode kualitas SG karena akan berpengaruh pada komponen dalam mesin yang sudah dirancang menggunakan oli dengan kode kualitas SN, sedangkan untuk mobil tahun 1990an biasanya memakai kode API SG atau API SH dan tidak bisa di isi dengan Oli berkode API SN karena mesin telah dirancang memakai oli SG dengan derajat kekentalan tertentu. sebagai catatan biasanya semakin baru mobil maka akan meminta kode API yang semakin mendekati Z.
 
Kode API Oli beserta penggunaannya pada mesin mobil
Mobil mesin bensin 
  • API SN : (jenis terakhir sampai saat ini) menggunakan teknologi Nano guard untuk melindungi bagian tersempit dari mesin. Digunakan untuk mesin tahun 2012 atau sebelumnya 
  • API SM : Diperkenalkan pada 2004. Oli ini didesain untuk memberikan resistensi oksidasi yang lebih baik, menjaga temperatur, perlindungan lebih baik terhadap keausan, dan mengontrol deposit lebih baik. digunakan untuk mesin sesudah tahun 2004. 
  • API SL : Dirancang untuk menjaga temperatur dan Energy Conserving. Untuk mesin generasi 2004 atau sebelumnya 
  • API SJ : Diperkenalkan untuk mesin generasi 2001 atau lebih tua 
  • API SH : Digunakan untuk mesin tahun 1996 dan sebelumnya 
  • API SG : Digunakan untuk mesin tahun 1993 dan sebelumnya 
  • API SF : Digunakan untuk mesin tahun 1988 dan sebelumnya
 
Mobil Mesin Diesel 
  • API CJ-4 : Dipakai untuk tahun 2006 dan sesudahnya. Digunakan untuk mesin high speed, mesin 4-langkah yang didesain untuk memenuhi memenuhi standar emisi tahun 2007. Oli dengan kategori API CJ-4 memiliki kriteria performa lebih baik daripada Jenis API CI-4 dengan CI-4 PLUS, CI-4, CH-4, CG-4 dan CF-4. 
  • API CI-4 : Digunakan untuk mesin diesel tahun 2002 dan sesudahnya. Digunakan pada mesin high speed, four stroke engines yang didesain untuk memenuhi memenuhi standar emisi tahun 2004. Bisa menggantikan oli CD, CE, CF-4, CG-4 dan CH-4. 
  • API CH-4 : Digunakan untuk mesin diesel tahun 1998 dan sesudahnya. Oli ini untuk mesin high speed, four stroke engines yang didesain untuk memenuhi memenuhi standar emisi tahun 1998. Bisa digunakan pada oli CD, CE, CF-4, dan CG-4. 
  • API CG-4 : Diperkenalkan sejak 1995. Untuk mesin kinerja sedang, high speed, four stroke engines. Digunakan untuk mesin yang meminta kandungan belerang/sulfur kurang 0.5%. Cocok untuk standar emisi 1994 Bisa dipakai pada oli CD, CE, dan CF-4. 
  • API CF-4 : Digunakan untuk mesin high speed, four stroke engines, naturally aspirated dan mesin turbocharger. Biasa digunakan untuk pengganti oli CD dan CE. 
  • API CF-2 : Digunakan untuk mesin kinerja sedang, two stroke engines. Bisa dipakai pada oli CD-II. 
  • API CF : Digunakan Untuk 1994 dan sesudahnya, Oli ini untuk mesin off road, indirect injected dan dapat menggantikan oli kode CD.
Sekian artikel Mengenal Oli Mesin Mobil dan Kualitas Oli
More aboutPemakaian Oli pada Mesin

V-Belt untuk motor matic

Posted by Unknown

Sistem CVT (Continously Variable Transmission), adalah sistem otomatik yang dipasang pada beberapa tipe sepeda motor saat ini. Sistem ini menghasilkan perbandingan reduksi secara otomatis sesuai dengan putaran mesin, sehingga pengendara terbebas dari keharusan memindah gigi sehingga lebih nyaman dan santai.
Sistem CVT banyak kita jumpai pada motor matic seperti yamaha mio,honda vario, suzuki spin dan lainya. Mekanisme V-belt tersimpan dalam ruangan yang dilengkapi dengan sistim pendingin untuk mengurangi panas yang timbul karena gesekan sehingga bisa tahan lebih lama. Sistim aliran pendingin V-belt ini dibuat sedemikian rupa sehingga terbebas dari kotoran / debu dan air. Lubang pemasukan udara pendingin terpasang lebih tinggi dari as roda untuk menghindari masuknya air saat sepeda motor berjalan di daerah banjir.

Kelebihan Utama Sistim CVT
Sistim CVT dapat memberikan perubahan kecepatan dan perubahan torsi dari mesin ke roda belakang secara otomatis. Dengan perbandingan ratio yang sangat tepat tanpa harus memindah gigi, seperti pada motor transmisi konventional. Dengan sendirinya tidak terjadi hentakan yang biasa timbul pada pemindahan gigi pada mesin-mesin konventional. Perubahan kecepatan sangat lembut dengan kemampuan mendaki yang baik. Sistim CVT terdiri pulley primary dan pulley secondary yang dihubungkan dengan V-belt
Rangkaian Rute Tenaga
1. Poros engkol langsung mengkopel pulley primary dan dengan V-belt memutar pulley secondary.
2. Untuk menggerakan roda belakang menggunakan kopling centrifugal yang akan memutar rumah kopling
3. Gaya centrifugal dari putaran rumah kopling ke putaran roda, direduksi melalui roda gigi perantara (gearbox) sehingga menghasilkan dua tahap reduksi.

Kontruksi dan Fungsi
Sistim transmisi otomatik terdiri dari 2 bagian, yaitu :
- Bagian Pulley Primary ( Pulley Pertama )
Pada bagian poros engkol terdapat collar yang dikopel menyatu dengan fixed sheave (kita sebut F sheave), yaitu bagian pulley yang diam dan cam. Adapun sliding sheave (kita sebut S sheave) piringan pulley yang dapat bergeser terdapat pada bagian collar. Untuk menarik dan menjepit V-belt terdapat rangkaian slider section. Piringan pulley yang dapat bergeser ( S sheave ) akan menekan V-belt keluar melalui pemberat (roller weight) karena gaya centrifugal dan menekan S sheave sehingga bentuk pulley akan menyempit mengakibatkan diameter dalam pulley akan membesar.
- Bagian Pulley Secondary ( Pulley Kedua )
Terdiri dari piringan yang diam ( fixed sheave ) berlokasi pada as primary drive gear melalui bearing dan kopling centrifugal (clutch carrier) terkopel pada bos di bagian fixed sheave. Piringan pulley yang dapat bergeser / sliding sheave menekan V-belt ke piringan yang diam (F sheave ) melalui tekanan per. Rumah kopling terkopel menjadi satu dengan as drive gear. Pada saat putaran langsam kopling centrifugal terlepas dari rumah kopling sehingga putaran mesin tidak diteruskan ke roda belakang.

Sistem Pendinginan Pada Rumah V-Belt dan Bagian Sliding
1. Pendinginan V-Belt
Suhu dalam rumah V-belt sangat panas adapun panas yang ditimbulkan disebabkan oleh :
Panas V-belt itu sendiri (adanya koefisien gesek / sliding pada bagian pulley), Koefisien gesek dari kopling centrifugal, Panas karena mesin dan Lain-lain. Untuk itu pendinginan mutlak harus diberikan, sehingga diperlukan kipas pendingin dan sirkulasi udara yang baik untuk mengurangi panas yang timbul.
Panas yang timbul secara berlebihan akan merusakkan V-belt dan mempengaruhi umur dari V-belt. Begitu juga kebersihan udara pendinginan tidak kalah pentingnya oleh karena itu dilengkapi dengan saringan udara untuk menyaring debu dan kotoran lain. Kemampuan pakai V- Belt 25.000 km.

2. Pelumasan Tipe Basah dan Tipe Kering Untuk Bagian Sliding
Penggerak sistim V-belt, terdiri dari banyak bagian yang bergeser untuk itu sangat penting dilindungi dari keausan dan juga agar dapat memberikan perbandingan ratio yang sesuai, sehingga system pelumasan sangat penting. Untuk pelumasan basah pada bagian-bagian secondary, as, bearing dan untuk pelumasan kering pada bagian pemberat dan sliding bos.

Cara Kerja Sistem Penggerak CVT
A. Putaran Langsam
Jika mesin berputar pada putaran rendah, daya putar dari poros engkol diteruskan ke Pulley Primary V-belt Pulley Secondary dan Kopling Centrifugal. Dikarenakan tenaga putar belum mencukupi, maka kopling centrifugal belum mengembang. Disebabkan gaya tarik per pada kopling masih lebih kuat dari gaya centrifugal, sehingga kopling centrifugal tidak menyentuh rumah kopling dan roda belakang tidak berputar.

B. Saat Mulai Berjalan
Pada saat putaran mesin bertambah kurang lebih 3.000 rpm, maka gaya centrifugal bertambah kuat dibandingkan dengan tarikan per sehingga mengakibatkan sepatu kopling mulai menyetuh rumah kopling dan mulai terjadi tenaga gesek. Dalam kondisi ini V-belt di bagian pulley primary pada posisi diameter dalam (kecil) dan di bagian pulley secondary pada posisi luar (besar) sehingga menghasilkan perbandingan putaran / torsi yang besar nenyebabkan roda belakang mudah berputar. Kopling centrifugal menyentuh rumah kopling. Kopling centrifugal mulai mengembang dari putaran 2.550 ke 2.950 rpm. Kopling terkopel penuh pada putaran 4.700 ke 5.300 rpm

C. Putaran Menengah
Pada saat putaran bertambah, pemberat pada pulley primary mulai bergerak keluar karena gaya centrifugal dan menekan primary sliding sheave ( piringan pulley yang dapat bergeser ) system fixed sheave (piringan pulley yang diam) dan menekan V-belt kelingkaran luar dari pulley primary sehingga menjadikan diameter pulley primary membesar dan menarik pulley secondary ke diameter yang lebih kecil.
Ini dimungkinkan karena panjang V-beltnya tetap. Akhirnya diameter pulley primary membesar dan diameter pulley secondary mengecil sehinggga diameter pulley menjadi sama besar dan pada akhirnya putaran dan kecepatan juga berubah dan bertambah cepat.

D. Putaran Tinggi
Putaran mesin lebih tinggi lagi dibandingkan putaran menengah maka gaya keluar pusat dari pemberat semakin bertambah. Sehingga semakin menekan V-belt ke bagian sisi luar dari pulley primary (diameter membesar) dan diameter pulley secondary semakin mengecil. Selanjutnya akan menghasilkan perbandingan putaran yang semakin tinggi
Jika pulley secondary semakin melebar , maka diameter V-Belt pada pulley semakin kecil , sehingga menghasilkan perbandingan putaran yang semakin meningkat.

E. Cara Kerja Kopling Centrifugal Kering
Kopling terkopel : Sepatu kopling bergerak keluar dan memindahkan tenaga melalui gaya centrifugal

F. Torsi Cam / Cam Penambah Torsi
Cam penambah torsi / torsi cam dapat disebut dengan nama Sensor torque perangkat ini dapat membuat sliding sheave / piringan yang dapat bergeser secara otomatis bekerja jika torsi gaya putar yang besar diperlukan, misalnya pada kondisi mendaki atau penambahan kecepatan.

G. Gear Reduksi
Untuk menghasilkan total perbandingan putaran yang ideal antara poros engkol dan roda belakang diperlukan gear reduksi dengan dua kali reduksi. Tipe pertama roda gigi miring / helical gear untuk mengurangi noise, adapun untuk gear main axle dan gear drive axle dengan tipe roda gigi lurus / spur gear.
Untuk gear reduksi ini menggunakan pelumasan yang ada didalam gearbox yang terpisah dengan rumah V- belt dan rumah rem.

Pemakaian V-belt
Pada umumnya, umur pakai v-belt di skubek anatara 15.000-20.000 kilometer. Lewat dari itu, v-belt biasanya putus secara mendadak tanpa ada tanda-tanda sebelumnya. Itu diakui teman-teman saya yang v-belt motornya putus secara mendadak.
Selain karena usia pemakaian yang lebih, ada beberapa hal menjadi penyebab putusnya v-belt, dan semuanya bisa dideteksi kalau mau sedikit berusaha. Inilah bagian-bagian yang perlu dicermati. 
  1. Lihat bagian dalam atau bagian bergigi dari v-belt. Tanda-tanda mau putus biasanya ada yang retak-retak. Kalau tidak kelihatan retaknya bisa juga menekuk v-belt. 
  2. Di sisi samping belt, sudutnya terlihat lebih ramping atau tajam ( aus ) ketimbang belt standar atau yang masi baru. Itu menandakan belt sudah aus akibat gesekan dengan puly. Jika sudah aus—belt menjadi mulur—menimbulkan suara berisik di rumah CVT, seperti rantai yang kendur, karena belt bergesek dengan tutup CVT atau crankcase. Pengaruhnya, Akselerasi awal biasanya jadi selip atau tarikannya berat. Seperti gas diputar tapi tenaga tidak sesuai putaran mesin. Biasanya orang mengira itu pengaruh dari karburator, jadi jangan salah kaprah.
  3. Pemakaian ukuran ban yang tak lazim, misalnya 140/80-14. Belt butuh tekanan lebih besar untuk menggerakkan roda. Inilah yang bikin belt cepat aus. Selain itu, tenaga yang besar—akibat pemakaian ban lebar—juga bikin belt cepat aus.
  4. Rute perjalanan yang panjang seharian juga bikin daya tahan v-belt berkurang lalu membuatnya cepat putus. Misalnya, sekali jalan puluhan kilometer tanpa istirahat dicampur macet. Walau pemakaian masih sekitar 10.000 km, v-belt bisa saja putus.Maka untuk yang hobi touring disarankan membawa v-belt cadangan. Tentunya juga harus mengerti cara mengganti v-belt itu sendiri.
Untuk menangkal semua itu, enggak ada salahnya dilakukan pengecekan rutin. Itu bisa dilakukan waktu senggang.
More aboutV-Belt untuk motor matic

SITEMAP

Posted by Unknown

Klik label untuk membuka daftar postingan
More aboutSITEMAP

TIPS / Hal yang perlu diperhatikan untuk membeli mobil bekas

Posted by Unknown

Membeli Mobil Bekas

Memang bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Diperlukan pengalaman dan mengajak orang yang berpengalaman agar saat membeli mobil bekas kita mendapatkan mobil bekas yang berkualitas dan aman.
Jangan sampai mobil bekas yang kita beli nantinya merupakan mobil curian ataupun terdapat kerusakan yang tidak diharapkan. Karena kerusakan mobil nantinya banyak merugikan pembeli walaupun dapat mobil dengan harga murah tetapi mobil tidak sehat, Karena biaya perbaikan mobil itu tidak sedikit.
Berikut adalah beberapa tips membeli mobil bekas yang patut anda pertimbangkan :

Tips-membeli-mobil-bekas


1. Mengetahui kondisi fisik mobil
Anda perlu untuk mengecek kondisi fisik mobil, bila perlu membuka bagasi serta mengintip lapisan body mesin bagian dalam. Tentunya hal tersebut akan menjadi nilai tambah apabila kondisi fisiknya masih prima.


2. Cek kondisi mesin
Untuk mengetahui kondisi mesin masih mempunyai performa yang baik anda perlu melakukan test drive. Anda bisa mengecek dengan teliti mulai dari perpindahan perseneling, suara mesin dan getaran mesin, engine mounting, hentakan kopling ketika melaju serta kelistrikan. Perlu juga untuk anda perhatikan kondisi kelistrikan mulai dari lampu rem, lampu utama, AC, kontak engine dan lain sebagainya. Apabila anda awam di bidang ini, maka sebaiknya anda mengajak orang yang ahli di bidang tersebut bersama anda. Oh, iya perlu juga untuk menjajal mobil tersebut pada jalan berlubang agar bisa diketahui berapa besar kelenturan shock breaker mobil beks tersebut.
Beberapa Hal yang perlu dilakukan :
  • Jangan hidupkan mesin dulu, buka kap mesin dan lihat kondisi, apakah terlalu kotor dibandingkan bodi luar.
  •  Pegang dan sedikit goyangkan tali kipas, seharusnya agak liat, kalo keras berarti mesin sering buat luar kota atau kerja keras.
  • Buka tutup radiator dan reservoirnya, perhatikan apakah jernih (coolant) atau keruh. Periksa juga penampungan oli power steering (kalau terlewatkan di awal), dan air washer wiper. Lihat juga selang-selangnya, masih empuk dan bagus.
  • Kalau boleh, cabut dipstick dan sentuh oli di ujung dipstick tadi, oli normal akan sedikit lengket dan tidak pekat atau encer dalam kondisi dingin. Diteruskan nanti setelah mesin dihidupkan periksa lagi (oli akan lebih encer) dan cium baunya, apakah bau gosong atau sangit, normalnya ya bau oli biasa.
  • Cek tanggal aki, karena aki yang terjaga menunjukkan kalo altenator masih sehat, cek juga kondisi terminal apakah sering dibuka tutup, kondisi perkabelan, kotak sekering mesin dan kabel ke busi.
  • Lihat ke bawah mesin, apakah ada tetesan atau rembesan oli, kalau ada sebaiknya pertimbangan lagi.
  • Hidupkan mesin dan lihat indikator di dashboard apakah normal semua, kemudian coba nyalakan ac, lampu-lampu dan anda keluar untuk mengecek semuanya.
  • Pegang (hati-hati) kondensor ac (letaknya dekat radiator) apakah cukup panas. Periksa dyer (filter dan penampungan freon) kalau ada gelas pengintip lihat apakah ada gelembung atau bahkan berbusa, normalnya adalah jernih. Cek juga kerbersihan bagian ini, bila ada kebocoran otomatis bagian ini akan kotor seperti bekas oli.
  • Untuk lampu utama (apabila standar) apakah terangnya cukup dan seimbang antara kanan kiri dan juga lampu rem belakang.
  • Coba seluruh bagian yang menggunakan listrik seperti power window, power mirror, power rectangle, wiper (posisi diangkat dari kaca) dan asesoris lainnya.
  • Setelah semua dinggap baik dan anda yakin untuk memilih mobil itu mintalah ijin untuk mencoba, kalau tidak jangan memaksakan diri.
3. Mengetahui keabsahan berkas penjualan
Sebaiknya anda mengusahakan agar memilih mobil yang memiliki surat menyurat yang sah baik masa pajak, kesamaan nomor rangka dan mesin hingga faktur jual beli. Hal tersebut cukup penting karena faktur jual beli ini bisa sebagai sarat penjaminan asuransi kendaraan serta catatan kepolisian bahwa kendaraan yang Anda beli memang benar-benar telah dipindah tangankan alias dijual secara sah. Jika berkas tersebut tidak ada maka anda berhak meminta potongan harga dari harga mobil yang ditawarkan penjual.

4. Ketahui tahun pembuatan mobil
Hal ini juga cukup penting karena biasanya semakin uzur usia suatu mobil maka harganya pun akan lebih murah dibandingkan mobil dengan tahun pembuatan yang lebih muda.

5. Mengetahui harga pasaran mobil tersebut
Dengan mengetahui harga pasaran suatu mobil, maka anda tidak akan mendapatkan harga mobil bekas yang kemahalan. Anda bisa membandingkan harga yang ditawarkan dengan harga jual yang dibanderol sebuah dealer. Jika sesuai dengan harga pasaran dan kondisi keuangan anda maka anda bisa memutuskan membelinya atau tidak.

Tips tambahan dalam membeli mobil bekas :

  1. Tempat teraman untuk membeli mobil bekas adalah di show room atau dealer mobil bekas terpercaya.
  2. Jangan gampang terbujuk dengan penjual mobil bekas yang menawarkan dengan harga miring atau jauh di bawah harga pasaran karena bisa jadi mobil tersebut adalah mobil curian. Anda perlu mengeceknya secara teliti.
  3. Datanglah ke bagian Tata Usaha STNK dan BPKB Kantor Samsat di Polda setempat untuk mengecek apakah mobil yang Anda beli sedang tidak bermasalah atau pernah masuk dalam daftar blokir (mobil hilang). 
  4. Mintalah salinan KTP atau identitas penjualnya, catat alamat dan nomor telepon si penjual mobil yang mudah dihubungi jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan data untuk mengurus surat-surat kendaraan.
  5. Jika mobil bekas sudah ditangan anda maka usahakan segera lakukan balik nama.

Itulah beberapa tips tips membeli mobil bekas yang bisa saya sampaikan semoga bisa berguna bagi para pencari mobil bekas. Jika dirasa artikel ini masih kurang lengkap maka masukan dari para pembaca akan diterima dengan tangan terbuka. Semoga bermanfaat
More aboutTIPS / Hal yang perlu diperhatikan untuk membeli mobil bekas

CONTACT

Posted by Unknown

EL Moslem +6285648498099
More aboutCONTACT

ABOUT

Posted by Unknown

Blogger untuk para anak muda yang menjadikan lebih kreatif dalam memilih ataupun menjadikan miliknya(kendaraan) menjadi suatu yang lebih garang seperti anak muda tulen.
More aboutABOUT

Motor Standart Orang Kaya

Posted by Unknown on Saturday 14 September 2013

Harley Davidson
Mengapa saya memberi judul seperti itu?karena memang motor ini hanya mampu di beli oleh orang kaya saja. Kecuali untuk Harley Davidson bajakan alias palsu, orang biasa pun bisa membelinya. Bayangkan saja harga sebuah motor seperti harga mobil, atau lebih tinggi harga motor ini dari pada mobil tergantung dari jenis mobil itu. Semula, motor Harley Davidson adalah produk yang terjangkau dan mudah dipakai serta dimodifikasi. Itu diubah dengan menjadikan Harley-Davidson produk mahal dan onderdilnya sulit dicari. Untuk mengganti lampu belakang, misalnya, pemilik motor Harley Davidson tak bisa cuma membeli batoknya. Tapi harus membeli keseluruhan sepatbornya. Harley Davidson merupakan bagian dari tradisi Amerika, jangan heran jika perkembangan teknologi mesin harley cenderung lambat karena yg penting bukan mengikuti tren, tapi mempertahankan tradisi.
mesin evonya harley sendiri, yg notabene mengusung teknologi canggih seperti dual cam, radiator, EFI dll, malah mendapatkan respon yang kurang bagus dari penggemarnya karena dianggap terlalu mengikuti tren mesin jepangan yg cenderung mengejar performa tertinggi aja, buktinya platform mesin antar merk jepang bisa sama misalnya sama-sama 4 silinder segaris, sama-sama pake injeksi, sama-sama dohc, dll
Kenapa Harley mahal? karena dibalik mesinnya yg sederhana, harley memiliki prestise tersendiri di negara pembuatnya dan di seluruh dunia, bahkan sekarang Harley sudah menjadi bagian dari gaya hidup, "lo belum bisa dibilang kaya kalo lo belum punya Harley", "cara terbaik menikmati sensasi berkendara sepeda motor adalah dengan mengendarai Harley", "motor turing ya Harley, kalo suka turing ya mesti punya Harley", dll
Kalo pihak harleynya sendiri sih ya tutup mata, namanya juga penjual, kalo dijual mahal aja laku ngapain dijual murah? hehe.. justru harga mahalnya itu yg membuat harley makin eksklusif dan prestisenya makin tinggi...
Bisa disimpulkan bahwa motor jepang itu jual performa dan teknologi, semetara harley jual filosofi dan prestise. 
Sejarah dari Harley Davidson
Sejarah Awal Terciptanya Motor Harley Davidson Debutnya dimulai dari kaleng bekas untuk mesin. Persaingan dengan sepeda motor bikinan Jepang, membuatnya harus mengubah pola manajemen agar bisa kembali bangkit dari krisis. Inilah perjuangan Harley Davidson, yang lebih dari 100 tahun menjadi ikon maskulinitas.
Sejarah motor Harley-Davidson dimulai di Milwaukee pada tahun 1903. Saat itu, Bill Harley dan Arthur Walter Davidson yang mengembangkan sebuah motor satu silinder. Dan hebatnya, seseorang membelinya ! Pada tahun 1905, mereka kemudian berhasil membuat 11 unit motor, pada tahun 1908 meningkat menjadi 154 motor….akhirnya mereka memiliki sebuah pabrik motor, yang awalnya hanya terbuat dari papan, kebetulan yang membuat adalah ayah dari Davidson. Pabrik kecil ini kemudian berkembang, salah satu anggota keluarga Davidson, William, kemudian ikut bergabung. Akhirnya mereka merekrut 20 orang karyawan, untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja.
Tahun 1909, Bill Harley membuat proyek mesin V twin 1000 cc. Kala itu mesin ini bisa menghasilkan 7 horsepower. Mesin dengan konfigurasi V-twin 45 derajat menjadi ciri khas dari motor Harley-Davidson.
Tahun 1910, adalah awal pemasangan logo yang legendaries “Bar and Shield” di motor Harley-Davidson. Pada tahun ini, beberapa lomba balap motor, ketahanan motor dan lomba naik bukit dimenangkan oleh Harley-Davidson.
Tahun 1912 dicirikan dengan pertumbuhan yang pesat dari pabrik motor Harley Davidson. Pada saat itu, mulai dibangun 6 pabrik baru, bahkan pada saat itu sudah mulai dilakukan ekspor ke Jepang. Di Amerika Serikat sendiri sudah berdiri lebih dari 200 dealer penjualan motor Harley Davidson.
Tahun 1914 mulai diperkenalkan sidecar.
Tahun 1915 mulai diperkenalkan transmisi sliding gear 3 kecepatan. Tahun 1917, satu dari tiga motor dikirim untuk kepentingan Militer Amerika Serikat. Pada tahun berikutnya, jumlah yang dikirim untuk kepentingan militer malah meningkat menjadi 50 % dari total produksi. Pada akhir tahun itu, diperkirkan lebih dari 20.000 unit motor Harley-Davidson yang dipakai oleh pihak militer.
Tahun 1918, Harley-Davidson merupakan pabrik motor terbesar di dunia. Tetapi kemudian datanglah masa suram bagi Harley-Davidson, yaitu ketika harga mobil semakin murah (lahirnya mobil tipe T-Ford), dan banyak orang menilai motor sudah ketinggalan jaman.
Tahun 1920, diperkenalkan tanki tipe tear drop, menggantikan tanki yang menggantung di backbone. Pada tahun 1926, motor dengan satu silinder kemudian muncul lagi, setelah produksinya berhenti pada tahun 1918. Pada tahun 1928, pertama kali diperkenalkan mesin Twin-cam dan rem roda depan di motor Harley-Davidson. Dengan perubahan ini, motor dapat dipacu hingga 85 mil per jam.
1930 mulai diperkenalkan motor trike (roda tiga) sebagai motor Service-Car, bahkan banyak yang digunakan untuk kepentingan komersil dan kepentingan bagi kepolisian. Pada saat itu, logo sayap elang mulai digambar di tangki, beberapa perubahan juga dilakukan di sector mesin.
Tahun 1936 sangat istimewa bagi Harley-Davidson, karena pada saat itu lahirlah mesin 1340 cc. Mesin ini kemudian diaplikasikan ke Harley-Davidson tipe Knucklehead. Pada tahun 1947, tipe Panhead pertama kali diluncurkan dari pabrik, menandai Harley-Davidson sebagai satu-satunya motor bangsa Amerika.
Tahun 1940-an, adalah masa-masa patriotic bagi Harley-Davidson, karena semua produksi ditujukan untuk membantu pihak militer berperang. Bahkan pada tahun 1941, produksi Harley-Davidson untuk sipil dihentikan, semua produksi diarahkan pada untuk kebutuhan militer.
Pada tahun 1945, produksi motor untuk konsumsi sipil dibuka kembali. Harley-Davidson membeli pabrik tua A.O. Smith Propeller Plant, khusus untuk pembuatan mesin. Mesin ini kemudian dikirim ke pabrik lama di Juneau Avenue untuk dirakit. Pada tahun 1949, system hidrolik rem depan diperkenalkan pada model Hydra-Glide.
Tahun 1950-an adalah tahun yang buruk bagi Harley-Davidson. Saat itu Inggris menguasasi 40 % pangsa pasar dengan motor model Triumph. Tapi untunglah, pada tahun 1957, Sporster telah lahir, merupakan motor Harley tercepat dari yang sudah ada selama itu.
Tahun 1969, adalah saat ketika Harley-Davidson melakukan merger dengan American Machine and Foudry Compaly (AMF). Tetapi kualitas yang dihasilkan sangat menurun, sehingga produk Super Glide dan SLCR Caferacer pada tahun 1970 mendapat nama yang buruk. Kemudian manjemen Harley Davidson berhasil keluar dari merger dan bertekad menghasilkan motor yang modern tetapi tetap bercirikan Harley-Davidson.
Awal tahun 1970-an merupakan periode revolusi bagi Harley Davidson. Tahun 1971, tipe cruiser telah lahir yang bercirikan dengan mesin yang sporti tetapi sasis dan penggerak tetap memakai produk tipe Flathead. Tahun 1973, operasi perakitan dipindah ke lokasi baru di Pennsylvania. Tahun 1975, Harley-Davidson memperoleh penghargaan AMA pada ajang Grand National Championships lomba dirt track. Tahun 1977,diperkenalkan FXS Low Rider dan LHS Electra Glide. FXS merupakan tipe posisi tempat duduk yang rendah (sehingga dikenal dengan istilah : Low Rider).
Tahun 1980, diperkenalkan FLT dengan 5 kecepatan dan perubahan penggunaan belt dengan memakai merek Kevlar.
Pada tahun 1982, Harley-Davidson menerapkan system Materials as Needed (MAN) di line produksinya. Sistem ini mengurangi biaya produksi dan meningkatkan kualitas. Tahun 1983, pertama kali diperkenalkan H.O.G yang disupport oleh Harley-Davidson. Tahun 1984, diperkenalkan model Softail.
Tahun 1987, Harley Davidson melakukan listing di bursa saham New York Stock Exchange. Pada saat itu, diperkenalkan tipe FXSTS Springer Softail, yang merupakan motor klasik 1340 cc pada era modern.
Pada tahun 1990-an, diperkenalkan desain Fat Boy. Nama Fat Boy sendiri diambil dari kombinasi nama pesawat pembom yang menjatuhkan bom atom di Hirosima dan Nagasaki, yaitu dari pesawat pembom : “Fat man” dan “Little Boy”.
Tahun 1991 dipernalkan FXDB Dyna Glide Sturgis. Tahun 1994 adalah masa Harley-Davidson masuk ke era model Superbike dengan meluncurkan tipe : VR1000. Tipe VR1000 dicirikan dengan doble overhead cam dan pendingin mesin cair.
Tahun 1996 dibuka pabrik di Franklin, Winconsin untuk Asesories dan Art Part motor Harley-Davidson. Pada tahun yang sama, kemudian menambah fasilitas Pusat Pengembangan Produk di Milwoukee. Tahun 1997, pabrik baru di Kansas City, pertama kali menghasilkan model Sporter baru. Tahun 1998, dibuka pabrik perakitan di Brazil, yang menghasilkan produk tipe Softail dengan fuel injection.
Saat ini di Amerika Serikat, Harley-Davdson menguasai 62 % pangsa pasar motor dengan cc diatas 850 cc.
More aboutMotor Standart Orang Kaya

Mobil Anak Muda

Posted by Unknown

Ini adalah mobil yang menurut saya cocok untuk anak muda atau lebih tepatnya mobil yang masih banyak di cari untuk anak muda zaman sekarang. Ada beberapa yang lebih memilin dari segi eksterior atau bagian luar bodi dari mobil tersebut, atau justru ada juga yang lebih menyukai dari segi interior dari mobil tersebut untuk kenyamanan dari berkendara. Dan yang lebih ekstrim lagi lebih memilih dari jenis atau tenaga dari mesin mobil tersebut untuk akselerasi berkendara. Modif juga menjadi suatu alasan anak muda sekarang untuk tetap memperlihatkan kepada semua orang biar tetep gaya dengan mobil yang garang. haha
Ada beberapa mobil yang menurut saya menjadi favorit dari kriteria mobil yang tertera di atas :

  1. Honda Jazz

Honda Jazz adalah mobil hatchback 5 pintu produksi pabrikan otomotif Jepang Honda Motor Company. Mulai diperkenalkan pada tahun 2001 dan sekarang memasuki generasi keduanya. Nama Honda Jazz digunakan di Eropa, sebagian Asia, Australia, Oceania, Timur Tengah, dan Afrika. Di Jepang, China, dan Amerika, mobil ini dinamai Honda Fit. Sampai tahun 2007, telah terjual 2 juta unit Honda Jazz di seluruh dunia.
Honda Jazz dijual dalam 6 variasi (semuanya mesin 4 silinder segaris), antara lain:
  • GD1: 1.3 L L13A i-DSI 2WD (Eropa: 1.4L)
  • GD2: 1.3 L L13A i-DSI 4WD (hanya Jepang)
  • GD3: 1.5 L L15A 2WD
  • GD4: 1.5 L L15A VTEC 2WD (hanya Kanada, AS,Meksiko dan indonesia)
  • GD5: 1.5 L L15A 4WD (hanya Jepang)
  • GD6: 1.2 L L12A i-DSI 2WD (hanya Eropa)
  • GE3: 1.3 L L13A i-DSI 2WD (dibuat di China)
Dari segi mesin tergantung dari wilayahnya, mesin Honda Jazz terbagi menjadi 1.2L, 1.3L (di Eropa menjadi 1.4L), 1.5L i-DSI (Intelligent Dual & Sequential Ignition) atau 1.5L VTEC (Variable Valve Timing & Lift Electronic Control). Semua mesin Honda Jazz sudak menggunakan injeksi. Mesin i-DSI mempunyai konfigurasi 8 valve, menggunakan 2 busi per silinder sehingga pembakaran lebih sempurna, akibatnya mesin lebih irit dan emisi berkurang. Mesin VTEC mempunyai konfigurasi 16 valve sehingga tenaga yang dikeluarkan maksimal di putaran mesin tinggi. Dengan transmisi Honda Jazz menggunakan manual 5 speed, otomatis 5 speed, dan CVT (Continuously Variable Transmission) sesuai dengan area. Transmisi CVT tidak tersedia di Amerika Serikat. Transmisi CVT-7 dikontrol menggunakan paddle shift yang diletakkan di belakang kemudi.Varian Honda Jazz tertinggi, VTEC ABS/ SRS dilengkapi rem dengan fitur ABS (Anti-Lock Braking System), EBD (Electronic Brake Force Distribution) dan BA(Brake Assist). Perlengkapan keamanan lainnya adalah 2 kantong udara untuk pengemudi dan penumpang depan.

2. Toyota Yaris

Toyota Yaris atau Toyota Vitz adalah mobil hatchback kecil yang diproduksi oleh Toyota Motor Corporation. Yaris lahir pertama kali pada tahun 1999 di Eropa dengan desain, performa mesin, dan jaminan keselamatan serta konsumsi bahan bakar yang optimal, untuk memasuki pangsa pasar Eropa. Satu tahun setelah awal peluncurannya, tepatnya pada tahun 2000 Yaris memperoleh penghargaan European Car of The Year Award. Bukan hanya itu saja Yaris juga diakui sebagai standar model kendaraan Compact two box di Jepang dan Amerika Utara. Untuk pasar Asia, Yaris dirakit di Thailand, sedangkan untuk pasar Eropa, Yaris dibuat di Perancis.
Yaris dipasarkan secara resmi di Indonesia dalam bentuk impor utuh (CBU) dari Thailand mulai tahun 2006 dengan model E dengan transmisi manual dan automatic, serta S and S Limited yang hanya tersedia dengan transmisi automatic. Versi S memiliki body kit and lampu kabut, dan Push button start / stop hanya untuk model S Limited. Semua model menggunakan mesin 1500 cc 1NZ-FE dengan VVT-i yang sama digunakan oleh Toyota Vios.
Versi facelift pertama dengan bumper depan, gril, dan lampu belakang baru tanpa LED hadir untuk model tahun 2009. Sebagai tambahan, model dasar yaitu J yang tidak memiliki SRS airbag dipasarkan dengan harga dibawah model E. Model S dengan transmisi manual menggantikan versi lama yang otomatis, sedangkan model paling mahal tetap S Limited. Model TRD Sportivo muncul berbasis model J, dengan tambahan body kit dan suspensi sport serta tersedia hanya dalam tranmisi manual.
Versi facelift kedua tahun 2011 hadir dengan ubahan minor pada bumper depan dan lampu kabut, bumper dan lampu belakang yang mirip Vitz Jepang. Ubahan ini dirancang oleh desainer Toyota Astra Motor Indonesia berbasis Vitz TRD Jepang dan merupakan desain untuk pasar Asia selain Jepang. Versi TRD Sportivo tetap tersedia namun kali ini berbasis model S dengan tambahan hanya body kit dan asesoris lainnya tanpa suspensi sport. Ini merupakan facelift terakhir sebelum pergantian model secara total.
Dari segi mesin :
  • 1.0 L 1KR-FE I3 (bensin)
  • 1.3 L 2NZ-FE I4 (bensin)
  • 1.3 L 2SZ-FE I4 (bensin)
  • 1.3 L 1NR-FE I4 (bensin)
  • 1.4 L 1ND-TV I4 (t/c diesel)
  •  1.5 L 1NZ-FE I4 (gasoline)
  •  1.6 L 4ZR-FE I4 (bensin)
  •  1.8 L 2ZR-FE I4 (bensin).
3. Mitsubishi Lancer Evolution

Lancer Evolution I (1992-1994).
Tahun 1992 menjadi awal kelahiran generasi pertama Lancer Evo yang kemudian langsung mengikuti ajang World Rally Championship. Pada generasi awal, Lancer Evo menggunakan mesin the 2.0 L turbocharged DOHC dengan sistem penggerak 4WD yang dicomot dari Galant VR-4. Mesin yang dikawinkan dengan transmisi 5 percepatan tersebut mampu membawa Lancer Evo untuk berlari hingga 228 km per jam. Namun di model awal ini, Lancer Evo yang dilepas dengan dua model yakni GSR dan RS memiliki umur pendek yakni hanya diproduksi antara Oktober 1992 sampai Januari 1994 saja.
Lancer Evolution II (1994 – 1995).
Di akhir tahun 1993 Mitsubishi sudah mulai menyiapkan pengganti dari Lancer Evolution I yakni Lancer Evolution II. Mobil ini merupakan penyempurnaan dari generasi pertama dan diproduksi dari Januari 1994 sampai bulan Agustus tahun 1995. Namun meski sama-sama memakai mesin Mitsubishi berkode 4G63, tenaga yang dihasilkan oleh Lancer Evolution II sedikit diatas generasi pertama. Sebab bila Lancer Evolution I hanya mampu memproduksi tenaga sebesar 244 hp, pada generasi kedua, Lancer Evo mampu memciptakan tenaga sebesar 252 hp dari mesin yang sama. Selain itu, platform yang digunakan pun berbeda. Bila di generasi pertama masih menggunakan platform dengan kode CD9A, di generasi kedua Mitsubishi mengggunakan kode platform CE9A.
Lancer Evolution III (1995 – 1996).
Di bulan Agustus 1995, Lancer Evo generasi ketiga lagir dengan tampilan yang lebih agresif dan new nose moulding yang menyuplai udara ke radiator, intercooler dan rem. Selain itu tampang generasi baru ini juga makin diperbaharui dengan hadirnya New side skirts dan rear bumper moldings serta rear spoiler yang lebih besar. Di bagian dapur pacu, mobil yang masih menggunakan platform yang sama dengan generasi dua (CE9A) ini hadir dengan rasio kompresi yang lebih besar dan turbocharger baru. Karena itulah tidak heran bila tenaga sebesar 270 bhp mampu dikail di putaran mesin 6.250 rpm dan torsi puncak sebesar 309 Nm bisa didapat di 3000 rpm. Umur generasi ketiga Lancer Evo ini berakhir di bulan Agustus 1996 atau tepat 1 tahun sejak kelahirannya.
Lancer Evolution IV (1996 – 1998).
Di Agustus 1996, Mitsubishi kembali menghadirkan generasi baru Lancer Evo yang diberi julukan Lancer Evolution IV. Mobil ini menggunakan platform baru berkode CN9A. Tampilan generasi penerus keluarga Evo ini pun tampak lebih gahar dari generasi sebelumnya. Tenaga yang mampu dihasilkan oleh generasi keempat yang hidup antara Agustus 1996 sampai Januari 1998 ini pun makin tinggi yakni mencapai 276 hp di 6.500 rpm dan torsi 330 Nm di 4.000 rpm
Lancer Evolution V (1998 – 1999).
Di generasi kelima, banyak aspek yang berubah dari Lancer Evolution seiring makin populernya model ini di kalangan pecinta motorsport dunia. Di bagian dalam, Mitsubishi meng-upgrade interior tipe GSR dengan jok sporty Recaro yang lebih asyik. Di generasi baru ini pula turbocharger ini kembali disempurnakan. Penyempurnaan ini menghasilkan torsi yang lebih besar. Torsi Lancer Evolution V pun jadi 373 Nm di 3.000 rpm meski tenaga tetap sama seperti generasi sebelumnya.
Lancer Evolution VI (1999 – 2001)
Popularitas Lancer Evolution makin hari makin berkibar, di saat itulah generasi keenam Lancer Evo lahir antara Januari 1999 sampai 2001 dengan menggunakan platform CP9A. Pada Lancer Evolution VI, aerodinamika makin menjadi perhatian Mitsubishi disamping pendingin mesin dan ketahanannya. Lancer Evolution VI edisi Ralliart di Inggris bisa mencapai kekuatan 330 hp. Di tahun 1999, lahir pula Evolution VI edisi spesial yakni Tommi Makinen Edition yang diciptakan sesaat setelah pembalap Tommi Makinen memenangkan kejuaraan reli dunia dengan mobil tangguh ini.
Lancer Evolution VII (2001- 2003).
Generasi ketujuh Lancer Evo ini lahir dan hidup antara bulan Maret 2001 sampai Januari 2003. Seluruh bagian mobil ini berubah dari generasi sebelumnya. Bahkan di generasi ini pula Mitsubishi mulai memperkenalkan Evolution dengan transmisi otomatis.
Lancer Evolution VIII ( 2003 – 2005).
Sedan sporty milik perusahaan Jepang ini pada tahun 2003 kembali mendapat penyempurnaan. Mobil ini mengusung model GSR dan RS dengan atap baja dan transmisi 5 percepatan. Selain itu ada pula Lancer Evoluiton MR yang memiliki kemampuan lebih baik dengan aplikasi atap aluminium agar bobot berkurang. Lancer Evolution VIII ini juga merupakan Evolution pertama yang dijual di Amerika Serikat yang dipicu oleh keberhasilan Subaru Impreza WRX yang telah dirilis sebelumnya. Ada tambahan transmisi enam percepatan di generasi ini.
Lancer Evolution IX (2005 – 2007)
Mitsubishi memperkenalkan Lancer Evolution IX di Jepang pada 3 Maret 2005 dan memamerkan mobil ini di ajang Geneva Motor Show di hari yang sama untuk dilihat masyarakat Eropa.Mobil ini menggunakan mesin 2.0 liter berkode 4G63 dengan teknologi MIVEC (variable valve timing) dan sudah menggunakan turbocharger terbaru yang pada akhirnya membuat kekuatan mobil ini menjadi cukup kuat. Beragam versi diciptakan Mitsubishi pada generasi ini dengan tenaga yang juga bervariasi antara 276 hp sampai 287 hp.
Lancer Evolution X (2007 – sekarang).
Di tahun 2005 Mitsubishi memperkenalkan sebuah konsep baru baru Lancer Evolution di ajang Tokyo Motor Show. Mobil konsep ini diberi nama Concept-X yang di desain oleh Omer Halilhodzic perusahaan desain di Eropa. Lalu Mitsubishi kembali memperlihatkan konsep kedua yang diberi nama Prototype-X di North American International Auto Show (NAIAS) pada tahun 2007. Di generasi kesepuluh ini Lancer Evolution X mengusung mesin baru 4B11T 2.0L turbocharged, all-aluminium inline-4 engine. Tenaga mobil ini sangat bervariasi tergantung pasar yang dituju, tapi tenaga minimal untuk Lancer Evolution X ini adalah 280 hp. Di Inggris generasi ini bahkan bertenaga antara 300 hp sampai 360 hp.
Di Amerika Serikat mobil ini ditawarkan dalam dua versi yakni Lancer Evolution MR dengan 6-speed Twin Clutch Sportronic Shift Transmission (TC-SST) dan GSR yang memiliki sistem transmisi manual 5-speed. Mobil ini juga sudah mengusung sistem four wheel drive terbaru bernama S-AWC (Super All Control Wheel), versi lanjutan dari sistem AWC Mitsubishi digunakan dalam generasi sebelumnya.
Lancer Evolution XI
Generasi terbaru Lancer Evo ini sudah lama dibicarakan namun tidak juga kunjung hadir. Malah sebelum melihat dunia, nasib mobil ini terkatung-katung setelah Gayu Eusegi yang merupakan Direktur Produk Mitsubishi mengatakan akan menghentikan produksi Lancer Evolution. Sebelumnya ramai diberitakan kalau ruang bakar di Lancer Evolution terbaru tidak akan lagi dipersenjatai dengan bahan bakar bensin, tapi akan beralih pada mesin diesel hybrid yang dirancang agar mobil ini lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Namun meski lebih ramah lingkungan, tenaga mobil ini tetap tidak akan ramah. Karena gabungan mesin diesel dan motor listrik pada Lancer Evolution terbaru nantinya bisa mencatatkan akselerasi 0-100 km per jam dengan waktu di bawah 5 detik.Teknologi lain yang akan disematkan diadopsi dari generasi Evolution sebelumnya yakni four-wheel-drive S-AWC serta integrated steering, sistem pengereman dan traksi kontrol.

4. Mitsubishi Pajero Sport Dakar

Kelebihan Mitsubishi Pajero Sport
Pajero Sport dibekali mesin turbo diesel 2,5 liter berteknologi common rail. Tenaganya 176 hp pada 4.500 rpm dan torsinya 314 Nm pada 2.000 rpm. Mitsubishi menjodohkan mesin itu dengan transmisi otomatis 4-speed berteknologi INVECS-II yang dilengkapi sports mode. Terdapat pula pilihan transmisi manual 5-speed. Khusus transmisi Pajero Sport 4x4 Exceed, dilengkapi sistem Super Select 4WD (SS4). Dengan adanya SS4, perpindahan dari 2WD ke 4WD dapat dilakukan sambil berjalan dengan kecepatan tidak lebih dari 100 kpj.
Meskipun memiliki postur body yang cukup besar, namun Pajero Sport dari Mitsubishi ini berbeda dari mobil jenis SUV lainnya. Biasanya, Mobil SUV Memiliki kelemahan dalam hal kecepatan. Hal ini karena tenaga yang Dimilikinya kurang responsif ditambah dengan beban dari body mobil itu. Beberapa kelebihan dari Pajero Sport dibandingkan mobil SUV lainnya :
- Sebagaimana produk Mitsubishi lainnya, Pajero Sport dirancang
Sebagai mobil yang mengutamakan responsi tinggi. Sehingga mobil ini Tidak mengalami masalah baik untuk melaju di jalan aspal yang mulus maupun untuk menjelajah daerah yang cukup terjal.
- Suspensi Pajero Sport cukup berkualitas. Sehingga tidak perlu Dilakukan setting ulang saat melaju di berbagai medan. Hal ini bermanfaat Dalam proses percapaian kestabilan saat mobil melaju.
- Bentuk mobil yang aerodinamis, menjadikannya mampu Meminimalisir hambatan angin. Hal ini berdampak pada konsumsi bahan bakar yang bisa ditekan, karena jumlah beban yang harus ditempuh berkurang. Bentuk body yang lebar dan besar, menjadikan ruang kabin menjadil ebih longgar. Hal ini menyebabkan penumpang tidak cepat merasa lelah, khususnya pada saat Menempuh perjalanan jauh.
Dakar dari mitsubishi merupakan mobil SUV yang konsepnya mengandalkan kemampuan mesin dari pada kenyamanan/ daya muat/ kecepatan mobil. Pecinta Sport atau adventure akan sangat senang dengan dikeluarkannya Mobil SUV terbaru dari Mitsubishi yakni Pajero Sport 4x4 Dakar yang mana mobil ini penyempurnaan dari pajero sport tahun 2011dimana tahun 2011 mobil ini masih menggunakan penggerak 2 roda, hal ini tentunya kurang lengkap bagi para pecinta off-road karena terlalu lemah dalam menaklukkan medan yang berlumpur atau menanjak dan berbatu akan tetapi sekarang sudah 4wd.

Pajero Sport Dakar 2012 dikeluarkan dalam 2 tipe yakni 4x2 dan 4x4 atau 4wd dengan keduanya sama-sama memiliki 5 kecepatan, tipe 4x2 berpenggerak roda belakang saja, sedangkan 4x4 memiliki penggerak 4 roda. Pajero Sport Dakarhanya tersedia dengan transmisi otomatis (automatic/ matic).

Itulah sebagian dari banyak mobil yang menjadi favorit anak muda sekarang. sebenarnya masih banyak lagi varian yang menjadi pilihan dari anak muda terutama pada mobil jenis sedan dan hatchback. Berhubung terlalu banyak jenis mobil hanya beberapa mobil itu saja yang saya tampilkan pada halaman ini yang banyak menjadi incaran. sekian terima kasih ^-^ .





More aboutMobil Anak Muda